Hukum Memperingati Maulidur Rasul

Posted by Ahmadul Hakim On 3:23 AM No comments

HUKUM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW



            Bagaimanakah hukum memperingati maulid Nabi Muhammad SAW? Saya akan mencuba menjelaskan sejauh mana pengetahuan saya tentang hal itu.

            Ada ulama yang mengatakan bahawa merayakan maulid Nabi hukumnya adalah haram dengan dalil bid’ah dan pendapat ulama yang majoriti hukumnya adalah tidak haram. Ok, sekarang kita punya kata kunci yaitu “bid’ah” inilah yang menjadi permasalahan yang diperdebatkan. Kerana adanya dua pendapat yang saling bertolak belakang tersebut dalam memandang hukum peringatan maulid Nabi.

            Jika permasalahan adalah pernah atau tidaknya Nabi merayakan hari kelahirnya atau tidak pernah, maka permasalahan ini cukup jelas dan tidak terlalu rumit penyelesaiannya. Sekarang mari kita lihat bukti sejarah yang tidak ada pertentangan, yaitu sunnah Nabi tentang puasa di hari Isnin.

            Dalam shahih Muslim dari hadis Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu  alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa hari Isnin, beliau Shalallahu ‘alaihi wassalammenjawab,
” Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan (hari senin) , dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an  kepadaku pada hari tersebut (hari kamis).” (HR.Muslim)

            Sekarang saya tidak ingin membicarakan hadis tersebut lebih lanjut, jikalau masih memunculkan keraguan tentang kesahihannya. Saya hanya ingin mengatakan, jika peringatan maulid Nabi merupakan hal sedikit mengganjal pendengaran, karena diterima pakai dari segi bahasa yang tidak mempunyai unsur islamiyah. Tidak ada persoalan, kita ganti saja istilahnya. Telepas anda ingin memberi nama apa, mengingat hal itu tidak mempengaruhi apa yang menjadi kegiatan di dalamnya.

            Menurut saya yang terpenting adalah apa yang dilakukan di dalam acara tersebut, jika bertentantangan dengan nilai-nilai Islam, maka pastilah haram hukumnya acara tersebut. Selama masih berada dalam jalur yang tepat, misalnya zikir akbar, pembacaan sirah nabi, ceramah tentang akhlak Nabi, dan kegiatan lainnya yang bisa mendatangkan manfaat.

            Kesimpulannya bergantung atas kegiatanyang dijalankan. Haram atau tidak haramnya.

  ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMMAD WA ‘ALA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Email
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Habbo
  • Blog Rasmi